;

Minggu, 12 Agustus 2012

Perancangan Prototype Robot Appendage Berbasis Micocontroller Atmega16L









              Dewasa ini ilmu dan teknologi telah berkembang dengan begitu pesatnya sesuai kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan  munculnya berbagai peralatan pengontrolan sederhana dan kompleks, baik yang menggunakan sistem manual maupun yang menggunakan sistem kontrol secara otomatis.
               Sistem yang digunakan secara manual yang dilakukan oleh  tangan manusia memiliki banyak keterbatasan dalam dunia industri, terutama dalam hal menciptakan suatu produk, baik industri besar maupun kecil seperti industri baja, maupun industri pembuatan mobil. Penggunaan tangan manusia dalam bekerja pada suatu industri sudah seharusnya tergantikan oleh teknologi pengontrolan yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan bekerja secara manual.  
               Dengan adanya kelebihan yang dimiliki menjadikan tuntutan manusia untuk menciptakan suatu alat yang dapat membantu memudahkan penyelesaian pekerjaan dalam segi tenaga, ekonomi (efisiensi dan produktivitas), mutu (seragam dan teliti ) dalam hal ukuran, dan keselamatan kerja.
               Komputer sebagai suatu produk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah memberikan kemudahan bukan hanya sebagai sarana informasi, penyimpan arsip, pengolahan data, dan lain sebagainya tetapi juga telah dikembangkan menjadi suatu alat kontrol  yang lebih bermanfaat seperti halnya pengontrolan mesin-mesin motor (mesin-mesin produksi).
               Berdasarkan hal tersebut di atas, kami penulis berniat untuk menyusun Tugas Akhir dengan judul “Perancangan Prototype Robot Appendage berbasis Microcontroller Atmega16L”. 

1 komentar: